Tidak Semua Bisa Teori

Posted by "membaca Al Quran 0 komentar
Secara umum, teori adalah sebuah sistem konsep abstrak yang mengindikasikan adanya hubungan diantara konsep-konsep tertentu yang membantu kita memahami sebuah fenomena. Sehingga bisa dikatakan bahwa suatu teori adalah suatu kerangka kerja konseptual untuk mengatur pengetahuan dan menyediakan suatu cetak biru untuk melakukan beberapa tindakan selanjutnya.

Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi, dan dalil yang saling berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan menentukan hubungan antar variabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah. Labovitz dan Hagedorn mendefinisikan teori sebagai ide pemikiran “pemikiran teoritis” yang mereka definisikan sebagai “Yang Ditentukan / Ketentuan” bagaimana dan mengapa variable-variabel dan pernyataan hubungan dapat saling berhubungan

Teori adalah sarana pokok untuk menyatakan hubungan sistematik dalam gejala social maupun natural yang dijadikan pencermatan dan merupakan abstarksi dari pengertian atau hubungan dari proposisi atau dalil sebagai sebuah set dari proposisi yang mengandung suatu pandangan sistematis dari fenomena yang sudah didefinisikan secara luas sesuai dengan hubungan unsur-unsur dalam proporsi tersebut secara jelas yang  menghubungankan antar variable, sehingga didapatkan pandangan yang sistematik dari fenomena yang diterangkan variabel-variabel tersebut dengan jelas.

Kata teori memiliki arti yang berbeda-beda pada bidang-bidang pengetahuan yang berbeda pula tergantung pada metodologi dan konteks diskusi. Secara umum, teori merupakan analisis hubungan antara fakta yang satu dengan fakta yang lain pada sekumpulan fakta-fakta . Selain itu, berbeda dengan teorema, pernyataan teori umumnya hanya diterima secara "sementara" dan bukan merupakan pernyataan akhir yang konklusif. Hal ini mengindikasikan bahwa teori berasal dari penarikan kesimpulan yang memiliki potensi kesalahan, berbeda dengan penarikan kesimpulan pada pembuktian matematika.

Sedangkan secara lebih spesifik di dalam ilmu sosial, terdapat pula teori sosial. Neuman mendefiniskan teori sosial adalah sebagai sebuah sistem dari keterkaitan abstraksi atau ide-ide yang meringkas dan mengorganisasikan pengetahuan tentang dunia sosial atau yang biasa disebut dengan idiologi

Sudah tidak asing dan bukan rahasia lagi jika kebanyakan orang berpendapat dan atau berpandangan bahwa Teori semua orang bisa yang mana kebanyakan mereka kemudian akan meremehkan teori dan atau menyepelekannya, hingga kemudian mereka akan banyak menyangkal dan atau berpikir serta berucap dan kemudian melaksanakan apa yang telah mereka anggap benar tersebut, biasanya mereka akan lebih banyak mengesampingkan standart dari apa yang seharusnya mereka ketahui terlebih dahulu. 

"Ah Teori.....!!" itulah kata yang sering mereka ungkapkan, padahal sejatinya didalam lubuk hati yang paling dalam mereka secara tidak langsung telah mengakui kelemahan mereka sendiri serta mengakui ketidaktahuan dan atau ketidakmampuan mereka dalam berteori dan berpedoman pada standart yang ada, yang kemudian akan membawa mereka kedalam suatu teori buta atau perbuatan tanpa dasar. Nah... inilah yang kita sebut kemudian dengan teori buta.

Setiap orang , setiap individu dan atau setiap kelompok dalam setiap kegiatan kehidupan pasti akan mengikuti dan atau menjalani serta atau membaca serta menemukan teori baik sadar atau tanpa sadar. dalam hidup kita selalu dan akan selalu memerlukan teori , membaca teori , menjalankan / mempraktekkan teori , karena hidup dan kehidupan adalah tentang menemukan teori dan atau menjalankan teori (ilmu pengetahuan). 

Setiap orang akan selalu belajar dan kemudian mendapatkan pengalaman < ini adalah apa yang kita sebut teori, hanya saja kemudian "Beberapa orang yang kemudian membaca apa yang telah orang lain dapatkan dan kemudian bukukan , menyebut catatan pengalaman dan atau perjalanan yang dibukukan dengan teori. padahal sejatinya teori adalah sebuah proses dari belajar tentang suatu permasalahan , tantangan , halangan , kesulitan maupun kemudahan serta kebahagiaan kedalam pengalaman yang tertulis atau tidak tertulis"

Suatu jalan keluar yang tentunya akan berbeda pada tiap - tiap orang "atas segala sesuatu baik mudah ataupun sulit baik senang maupun susah , baik sedih maupun bahagia" adalah apa yang disebut dengan teori. dan teori ini tidaklah sama jika digunakan pada individu yang berbeda , tempat yang berbeda , situasi serta kondisi yang berbeda, karena itulah kemudian ketika suatu teori digunakan akan menghasilkan sesuatu yang berbeda pula, dimana ada kalanya berhasil dan ada kalanya tidak berhasil atau dengan kata lain ada kalanya benar ada kalanya salah, yang pada hakekatnya adalah benar ....! 

Yang menjadikan suatu teori tidak berhasil dan atau salah adalah lebih kepada penempatan kondisi , lokasi dan atau keadaan , dimana setiap masa / waktu , setiap kondisi , setiap keadaan , setiap lingkungan akan membutuhkan dan atau memerlukan teori yang berbeda.

"Dan tidak semuanya bisa berteori dan apalagi menjalankan teori, apa yang kebanyakan orang bisa adalah meniru sebuah teori, dan hasilnya pun tidak sama persis seperti apa yang dikatakan , ditulis , ditemukan (atau dengan kata lain : tidak bisa menjalankan teori)"

Hanya sebagian kecil mereka yang beruntung saja yang bisa menemukan dan atau menjalankan teori, serta meniru sebuah teori,

Demikian halnya dengan Al Quran dan segala macam permasalahan yang ada , dimana didalamnya dijelaskan berbagai kondisi , keadaan dan atau lokasi yang berbeda dengan berbagai macam solusi / pemecahan masalah / jalan keluar yang berbeda, serta setiap masa ada kitabnya , maka biarkanlah masing - masing berbuat sesuai dengan keadaannya, karena Tuhan Mu lebih mengetahui siapa yang benar dijalan-Nya. Tentunya ..........! sesuai dengan aturan - aturan yang telah ditetapkan-Nya. (Al Ayat)

Karena sesungguhnya Al Qur-an adalah benar-benar Firman Allah Yang membedakan antara yang Haq dan Bathil. (Al Ayat)

Al Israa' , Al A'raaf, Ar Ra'd , dan surah yang lain.

Wallahu A'lam

0 komentar:

Post a Comment

Blogger news

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About