Minuman Keras Yang Bermanfaat

Posted by "membaca Al Quran 1 komentar
Minuman Keras (miras) atau Minuman beralkohol adalah minuman yang mengandung etanol. Etanol adalah bahan psikoaktif dan konsumsinya menyebabkan penurunan kesadaran. Di berbagai negara, penjualan minuman beralkohol dibatasi ke sejumlah kalangan saja, umumnya orang-orang yang telah melewati batas usia tertentu.

Efek samping Sebagaimana dijelaskan dalam Al Quran Surah Al Maidah : 91

"Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu)"

Bila dikonsumsi berlebihan, minuman beralkohol dapat menimbulkan efek samping ganggguan mental organik (GMO), yaitu gangguan dalam fungsi berpikir, merasakan, dan berprilaku. Timbulnya GMO itu disebabkan reaksi langsung alkohol pada sel-sel saraf pusat. Karena sifat adiktif alkohol itu, orang yang meminumnya lama-kelamaan tanpa sadar akan menambah takaran/dosis sampai pada dosis keracunan atau mabuk.

Mereka yang terkena GMO biasanya mengalami perubahan perilaku, seperti misalnya ingin berkelahi atau melakukan tindakan kekerasan lainnya, tidak mampu menilai realitas, terganggu fungsi sosialnya, dan terganggu pekerjaannya. Perubahan fisiologis juga terjadi, seperti cara berjalan yang tidak mantap, muka merah, atau mata juling. Perubahan psikologis yang dialami oleh konsumen misalnya mudah tersinggung, bicara ngawur, atau kehilangan konsentrasi.

Efek samping terlalu banyak minuman beralkohol juga menumpulkan sistem kekebalan tubuh. Alkoholik kronis membuat jauh lebih rentan terhadap virus termasuk HIV. Mereka yang sudah ketagihan biasanya mengalami suatu gejala yang disebut sindrom putus alkohol, yaitu rasa takut diberhentikan minum alkohol. Mereka akan sering gemetar dan jantung berdebar-debar, cemas, gelisah, murung, dan banyak berhalusinasi.

Sebenarnya masayarakat kita sudah banyak yang tahu tentang bahaya dari akibat minuman keras atau minuman beralkohol ini. Salah satunya adalah menimbulkan kecanduan yang luar biasa, karena minuman keras atau minuman beralkohol ini mengandung zat aditif, yaituzat yang jika masuk ke tubuh manusia walaupun dengan jumlah sedikit akan menimbulkan efek kecanduan yang luar biasa. Akibat Minuman Keras Terhadap Kesehatan diantaranya (1) Merusak Syaraf,(2) Penyakit Jantung,(3) Meningkatnya kemiskinan,(4) Gairah sexual menurun, (5) Turunnya tingkat kesadaran,(6) Metabolisme Tubuh Terganggu,(7) Gangguan terhadap Janin dan berbagai akibat buruk yang lain yang tidak dapat penulis sebutkan semuanya, Namun demikian diantara sekian banyak akibat buruk dari minuman keras terdapat juga beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari minuman keras tersebut, sebagaimana Firman - Nya : Al Baqarah : 219

"Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya." Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: " Yang lebih dari keperluan." Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir"

Diantaranya adalah : Dalam kehidupan sehari senayawa alkohol telah banyak dipergunakan, dibidang kesehatan alkohol 70% dipergunakan sebagai antiseptik, Dari berbagai penelitian juga disebutkan bahwa alkohol dalam jumlah besar bermanfaat bagi laki-laki namun tidak untuk kaum perempuan. Namun para ahli kesehatan memperingatkan bahwa minum berlebihan bisa meningkatkan resiko penyakit lain dan alkohol menjadi penyebab dari kematian 1,8 juta orang di seluruh dunia setiap tahunnya.

Selain dapat menyebabkan maraknya kejahatan demikian juga AlQohol bermanfaat termasuk untuk mengurangi kejahatan sebagaimana yang terjadi pada alkisah berikut ini :

Suatu Ketika seorang pria masuk ke sebuah toko dengan pistol dan meminta kasir meletakkan semua uang dari register ke dalam tas.
Perampok : "Toko Ini Kami Rampok , cepat masukkan seluruh uang yang ada dikasih ke dalam Tas ini.." pinta perampok sambil menodongkan Pistol.

Teller pun melakukannya dengan tenang , sambil mencari - cari ide dan mengulur waktu,

Kemudian Perampok tersebut melihat ke arah sebotol Vodka di atas meja dan mengatakan kepada kasir untuk memberikannya. 

Perampok : "Ambilkan Botol Vodka yang atas meja itu, cepat....!!"

Melihat ada kesempatan, kasir menolak secara halus dan berkata ia tidak percaya umurnya lebih dari 21 tahun. 

Teller / kasir : "Maaf minuman ini hanya untuk orang dewasa , saya lihat anda masih begitu muda dan gagah, apakah anda sudah berumur lebih dari 21 tahun..?

Lelaki itu kontan marah dan bersikeras bahwa dia berumur lebih dari itu "Saya berumur 26 tahun .., ayo cepat berikan minuman itu..!"

Kasir tetap ngotot dan bersikeras tidak percaya , seraya meminta sang perampok untuk menunjukkan identitas yang bisa membuktikan bahwa dia berumur lebih dari 21 tahun. 

Akhirnya, pria itu mengeluarkan SIM-nya dan menunjukkan itu padanya "Ini SIM saya silahkan periksa ..!"

Kasir itu melihatnya dengan hati-hati dan memperhatikan dengan detail , nama alamat dan umur yang tertera didalam SIM Perampok itu, setelah  cukup yakin. Dia memberinya Vodka dan membiarkan pria itu pergi. 

Dua jam kemudian ia ditangkap setelah dia menelepon polisi dengan nama dan alamat lengkap dari si perampok.

Walhasil perampok bodoh itupun tertangkap ... 

"Pada keduanya (Miras dan judi) terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya." 

Wallahu A'lam.

1 komentar:

Bintang Raksaguna said...

thank you for sharing , happy once felt reading in this blog, so more insight .. hopefully always given the health and success always .. Minuman Berenergi

Post a Comment

Blogger news

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About