Janganlah kamu menzaliminya

Posted by "membaca Al Quran 0 komentar
Sungguh menyejukkan kata-kata yang disampaikan Rasulullah SAW tentang persaudaraan. Bukan hanya sebatas kata-kata indah, Rasulullah juga membina persaudaraan dalam kehidupan nyata semasa hidupnya, baik dengan sesama saudara seiman maupun yang bukan.

Begitu keras juga larangannya melakukan hal-hal yang merusak persaudaraan. Nabi SAW memperingatkan, “Setiap muslim atas muslim yang lain, haram darahnya, hartanya dan kehormatannya” (HR. Muslim).

Namun sayangnya, pesan-pesan itu bagaikan kehilangan makna saat ini, akibat ulah diri kita sendiri yang tega tidak menghargai pesan dan perjuangan Rasulullah.

Buktinya, dengan saudara seiman pun kadangkala suka menzalimi, menghina, merendahkan, dan sejenisnya. Hanya gara-gara pemilihan pemimpin, harta dan nyawa saudara seiman direnggut paksa dan martabatnya diinjak-injak. Padahal tujuan pemilihan pemimpin itu sebenarnya untuk membantu mewujudkan tatanan hidup manusia, tetapi mengapa dalam prosesnya malah menimbulkan keburukan terhadap sesama manusia.

Kenyataan ini menunjukkan bahwa kita perlu berpikir kembali tentang bagaimana memaknai sekaligus memupuk persaudaraan. Tidak akan ada orang lain yang akan bersungguh-sungguh memikirkan nasib persaudaraan kita, kecuali kita sendiri. Apalagi persaudaraan adalah kekuatan umat yang penting, baik untuk pertahanan diri sendiri maupun pertahanan umat.

Semoga kita terketuk untuk memulai niat baru dengan cara bahu-membahu untuk menjadi hamba-hamba yang bersaudara. "Seseorang Muslim adalah bersaudara dengan seorang Muslim yang lain. Janganlah kamu menzaliminya, jangan pula menghinanya dan juga jangan merendahkan mereka” (HR. Imam Muslim).

0 komentar:

Post a Comment

Blogger news

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About