Dari Tenaga Hingga Nyawa

Posted by "membaca Al Quran 0 komentar
Dunia yang sengaja dijadikan indah dalam pandangan manusia, selalu menjadi rebutan bernafsu siang dan malam. Sampai-sampai ada yang memilih cara-cara yang tidak diridhai Allah untuk memuaskan hasrat merengkuh dunia dengan segala cara (menghalalkan segala cara). Karena itu, setiap orang diberikan tugas untuk memberi peringatan satu sama lain. Meskipun demikian, setelah memberi peringatan berkali-kali tidak ada perubahan, sebahagian orang merasa pasrah. Malah, ada yang memilih berhenti melakukannya. (sungguh jauh dari keteguhan hati yang seharusnya dimiliki oleh setiap aktivis dakwah)


Padahal kalau membuka kembali lembaran demi lembaran sejarah perjuangan Rasulullah, sungguh bukan suatu yang mudah menyampaikan peringatan. Beliau berjuang dengan apa yang dimiliki, mulai dari tenaga harta dan bahkan hingga nyawa. Satu orang demi satu orang beliau upayakan agar mau mendengarkan kebenaran yang disampaikannya. Tidak sedikit juga rintangan dan ancaman dihadapinya. Hingga akhirnya, apa yang disampaikannya mendapat sambutan orang banyak hingga kini....?

Sungguh suatu keberhasilan yang sangat mengesankan.

Kisah keberhasilan besar tersebut sepatutnya menggugah dan menginspirasi setiap orang untuk terus berusaha. Apalagi tidak akan pernah ada peringatan yang terbuang. Kalaupun tidak bermanfaat untuk merubah perilaku orang lain, peringatan akan bermanfaat sebagai pengingat bagi diri kita sendiri. Lebih-lebih Allah telah mengingatkan juga bahwa tugas manusia menyampaikan saja, adapun beriman atau tidak adalah terserah kepada masing - masing yang menerima.

Dan dijamin, setiap peringatan akan bermanfaat bagi orang-orang yang beriman. Sedangkan bagi orang-orang yang ingkar, diperingatkan atau tidak, sama saja tidak akan mau berubah. Ukuran ini bisa menjadi alat penilai bagi kita untuk mengenal diri sendiri dan orang lain: termasuk orang-orang yang mudah dan mau menerima peringatan kita atau kepada mereka yang memang tidak mau menerima peringatan dan atau golongan orang yang ingkar

“Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman” (QS. Adz Dzariyat: 55).

Wallahu A'lam

0 komentar:

Post a Comment

Blogger news

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About