Meninggalkan Perbuatan Sia – Sia

Posted by "membaca Al Quran 0 komentar
“Di antara tanda baiknya keislaman seseorang ialah ia meninggalkan segala yang tidak bermanfaat untuknya” (HR. Tirmidzi).

Menghabiskan sisa dan atau jatah umur yang telah disediakan hanya untuk melakukan satu perbuatan yang tidak bermanfaat adalah satu dari sekian banyak hal yang amat sangat ditakutkan serta dapat kiranya dijauhi oleh setiap orang yang beriman.

Perbuatan dan atau perkataan sia-sia seperti perkataan dan atau percakapan maupun diskusi atau sharing yang sama sekali tidak memberikan manfaat , hingga meraih ilmu dan harta yang tidak memberi manfaat. Misalnya, membicarakan dan atau membahas ilmu dan atau harta dengan penuh kelelahan pikiran dan jasmani yang pada dasarnya tidak menambah sedikitpun keimanan atau ketaatan kepada Allah subhanahu wata'ala akan tetapi justru malah menjauhkan seseorang dari jalan-Nya dan menuruti keinginannya.

Seperti lazimnya, ilmu dan juga harta yang tidak bermanfaat sama sekali akan terwujud kepada perilaku pemiliknya dimana seiring dengan bertambahnya ilmu dan harta maka akan semakin bertambah pula keangkuhan seseorang sehingga pada akhirnya ilmu dan harta yang dimiliki akan menjadikan biang kesombongan pada seseorang.

Hal Ini terjadi karena seseorang dalam menuntut ilmu kemudian tidak diniati karena dan untuk menggapai Ridha Allah Subhanahu Wata'ala. Dan atau meraih harta yang mana harta tersebut adalah berasal dari sumber yang haram sehingga berbahaya untuk dikonsumsi maupun tidak bermanfaat apabila disedekahkan.

Kalau sahaja kita mau merenungi, memikirkan dan kemudian sedikit memahami bahwa meraih ilmu dan juga harta dengan niat dan jalan yang demikian adalah salah satu di antara sekian banyak bentuk penyalahgunaan pemberian Allah Subhanahu Wata'ala.

Dengan demikian, sejatinya siapapun yang berusaha untuk menuntut ilmu dan meraih harta dengan tanpa diniati untuk meraih Ridha dan digunakan dijalan Allaah Subhanahu Wat'ala adalah merupakan hal yang sifatnya sia-sia dan juga berdampak terhadap melemahnya keislaman seseorang.

0 komentar:

Post a Comment

Blogger news

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About