Cercalah Dirimu Sendiri

Posted by "membaca Al Quran 0 komentar
“Sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekedar) aku menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kamu mencerca aku akan tetapi cercalah dirimu sendiri. Aku sekali-kali tidak dapat menolongmu dan kamupun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatanmu mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu” (QS. Ibrahim: 22).

Ayat di atas adalah suatu pengakuan setan yang dengan jelas sekali diungkapkan dalam kitab suci Alquran. Di akhirat kelak, makhluk yang telah dilaknat sejak masa Nabi Adam ‘alaihissalam itu akan mengakui sejujurnya bahwa sebenarnya mereka tak punya kekuatan untuk menjerumuskan manusia, selain hanya sekedar mengajak manusia ke jalan yang sesat.

Meskipun demikian, terbukti ajakan setan banyak diikuti manusia di mana-mana, tak terkecuali di tempat-tempat ibadah. Penerimaan ajakan ini menunjukkan manusia bisa mengalami kesadaran palsu sewaktu-waktu. Seakan-akan apa yang bersifat dilarang Allah, menyenangkan hati; sedangkan apa yang disuruhNya, memberatkan hati. Manusia bukan tidak sadar ketika mengambil hak orang lain, misalnya, tetapi tidak memiliki kesadaran untuk menyadari tentang kesadaran palsunya. Kesadaran inilah yang mengantar kita untuk benar-benar mengenali lagi dampak baik dan dampak buruk dari setiap perbuatan yang dilakukan.

Sejatinya, bila setan akan mengakui kesalahan dan ketidakberdayaannya, manusia yang menjadi target dari upaya penyesatannya menghindari diri dari mengikuti langkah-langkah setan. Bagi yang terlanjur terjerumus, sepatutnya berhenti. Apalagi sebenarnya ajakan setan dari segala penjuru itu berpeluang gagal, karena pilihannya ada pada manusia: menurutinya atau menolaknya. Apalagi dalam Alquran juga telah diingatkan, 

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Barangsiapa yang mengikuti langkah-langkah setan, maka sesungguhnya setan itu menyuruh mengerjakan perbuatan yang keji dan yang mungkar” (QS. An-Nuur: 21).

0 komentar:

Post a Comment

Blogger news

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About