Peran Ulama' Di Tengah Kehidupan Umat

Posted by "membaca Al Quran 0 komentar
Ulama memiliki peran sentral di tengah kehidupan umat Islam, untuk melanjutkan risalah kenabian sepeninggal Nabi Muhammad saw. Karena itu, semestinya, umat Islam memberikan perhatian yang sangat serius terhadap eksistensi dan kualitas ulama.

Pentingnya posisi ulama di tengah umat semacam ini, secara otomatis membawa konsekuensi, bahwa umat Islam seharusnya me­mikirkan dengan serius suatu program pengkaderan dan pemberdayaan ulama. Upaya ini wajib mendapat dukungan dari seluruh komponen umat, sebab bisa dikatakan, hidup-matinya umat sangat tergantung pada eksistensi dan kualitas ulamanya.

Namun kini, para pemuda memandang masa depan lebih dari sisi materialnya saja. Sehingga dalam menentukan pendidikan, cenderung memilih yang mudah mendapatkan pekerjaan penghasil uang. Melihat kenyataan ini, profesi ulama jelas masih belum menjadi pilihan di tengah kebutuhan ahli dakwah dalam kehidupan kita.

Dalam rangka melanjutkan tradisi perkaderan ulama dan menghadapi tantangan dakwah di bidang keilmuan semacam itulah, maka Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia meluncurkan program KADERISASI 1.000 ULAMA pada 2008 lalu. Pengkaderan dilakukan dengan cara memberikan beasiswa S2 dan S3 kepada para aktifis dakwah yang terekomendasi organisasi masyarakat islam. BAZNAS dan Dewan Da’wah berkomitmen untuk merancang program ini lebih tertata agar semakin banyak ulama yang memiliki intelektual tinggi sehingga makin terasa manfaatnya bagi umat muslim di seluruh nusantara.

Karena itu pada Selasa (28/2) lalu, kedua pihak melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama untuk program Kaderisasi Seribu Ulama. BAZNAS diwakili oleh Direktur Pelaksana, Teten Kustiawan sementara Dewan Da’wah diwakili oleh Ketua Bidang Pendidikan, H. Muhammad Noer. Diharapkan nantinya para penerima manfaat program KSU dapat melahirkan pemikiran-pemikiran yang tertuang dalam bentuk tulisan yang mampu membendung arus sekularisme, pluralisme dan liberalisme.

Sumer dewan dakwah

0 komentar:

Post a Comment

Blogger news

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About