Betapa Besarnya Kesenangan Dan Kecintaan

Posted by "membaca Al Quran 1 komentar
“Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan sesuatu yang melalaikan dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu” (QS. Al-Hadiid: 20).

Jika harta dunia akan dibagi pada jam lima subuh, sekitar jam empat rata-rata orang sudah bergegas bangun untuk menjemput atau memperebutkannya. Bahkan sangat takut ketinggalan waktu. Kalau ada rasa sakit pun, rasanya pulih. Juga tak ada rasa takut, meskipun harus menempuh perjalanan jauh. Namun, tidak demikian dengan shalat subuh. Tidak sedikit yang merasa berat sekali bangkit untuk menunaikan shalat ini, meskipun masjid tak begitu jauh dari tempatnya berada. Inilah yang membuat masjid seringkali hanya menjadi tempat beberapa orang saja yang melaksanakan shalat, terutama di waktu subuh.

Ini suatu contoh tentang betapa besarnya kecintaan kebanyakan manusia kepada dunia, tetapi di sisi lain, kecil sekali penghargaan kepada ibadah yang amat penting. Padahal shalat, kata Rasulullah sallallahu alaihi wasallam, adalah pembeda antara orang mukmin dengan yang kafir (HR. Imam Bukhari). Sedangkan dunia, sebagaimana telah diingatkan dalam Alquran, hanyalah sandiwara belaka, meskipun kebanyakan di antara kita bagaikan kehausan tak berujung dalam mengejarnya.

Bukan hanya mengejar, karena dunia (seperti kekuasaan) juga kita saling bertengkar, dan bahkan menghasut banyak orang lain untuk melakukan pertengkaran-pertengkaran yang lebih besar. Akibatnya, kebencian pun membuncah, merajalela dan berkepanjangan di antara sesama manusia di mana-mana. Sampai-sampai kematian, yang sebenarnya suatu kepastian yang tak terelakkan, menjadi terlupakan sama sekali. Padahal di saat kematian yang datang tiba-tiba, barulah manusia menyadari dan menyesal betapa tak bergunanya harta-harta dan kekuasaan (QS. Al Haaqqah: 28-29) yang pernah dikejar sewaktu di dunia.

1 komentar:

hahaha said...

www,pokers128,net adalah salah satu Agen Poker yang menawarkan jasa untuk penukaran chips secara online. Segera bergabung bersama www,pokers128,net dan rasakan sensasi pelayanan yang istimewah sehingga sebagai member setia www,pokers128,net anda akan merasakan nyaman dengan Customer Servis kami yang siap melayani semua keluhan anda. (PIN BBM : 7AC8D76B)

Post a Comment

Blogger news

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About