Jangan Membaca Sampai Khatam

Posted by "membaca Al Quran 0 komentar
Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis. Membaca melibatkan pengenalan simbol yang menyusun sebuah bahasa. Membaca dan mendengar adalah 2 cara paling umum untuk mendapatkan informasi. Informasi yang didapat dari membaca dapat termasuk hiburan, khususnya saat membaca cerita fiksi atau humor. Sebagian besar kegiatan membaca sebagian besar dilakukan dari kertas. Batu atau kapur di sebuah papan tulis serta tampilan komputer dapat pula dibaca, terlebih dizaman canggih seperti sekarang ini.

Membaca dapat menjadi sesuatu yang dilakukan sendiri maupun dibaca dengan keras, Hal ini dapat menguntungkan pendengar lain, yang juga bisa membangun konsentrasi kita sendiri. pada dasarnya membaca adalah kagiatan fisik dan mental untuk menemukan makna dari apa yang disampaikan penulis didalam tulisan. dikatakan kegiatan fisik karena , mata kita gunakan untuk melihat , terkadang mulut juga ikut bergerak meskipun ada juga yang hanya membaca dalam hati. dan dikatakan kegiatan mental karena beberapa bagian non fisik manusia juga ikut bekerja seperti halnya otak, perasaaan , naluri , persepsi dan ingatan.

Ada satu pelajaran penting dari membaca yang mungkin belum pernah diketahui oleh kebanyakan orang, yakni jangan pernah membaca sesuatu sampai halaman terakhir / khatam / tamat atau anda akan menyesal seperti halnya apa yang dialami oleh Syaiful.

Suatu hari Syaiful berniat ingin membeli buku cerita horor , karena sudah satu bulan lamanya menabung dan dirasa uangnya cukup untuk membeli buku, maka Syaiful pun melaksanakan niatnya untuk membeli beberapa komik cerita horor.

Sudah jadi adat kebiasaan mereka yang (maaf hanya memiliki dana sedikit) membeli buku ditempat yang grosir atau buku bekas dengan harapan agar bisa membeli lebih banyak buku, karena harganya yang lebih murah. begitu halnya dengan Syaiful yang mampir ke sebuah toko buku yang sudah tua, agak remang-remang dan pengunjungnya jarang, suasananya juga sedikit angker. Toko itu hanya dijaga oleh seorang kakek yang sudah tua sekali. Setelah dicari-cari, ketemulah buku yang berisi kumpulan cerita horor dan menarik serta tanpa pikir panjang Syaiful langsung menuju kasir untuk membayar.

Syaiful : ”Buku yang ini berapa harganya...?”

Kakek : ”Sembilan puluh ribu nak”

Syaiful : ”Waduh, mahal bener kek, padahal bukunya tipis gini?”

Kakek : ”Kalau tidak ingin beli, kembalikan saja bukunya”

Syaiful : ”Waduh, mana duitku pas-pasan lagi”. (Kata Syaiful dalam hati)

Tapi karena sudah niat sekali, dan dia juga belum pernah melihat karya sastra horor seperti ini, akhirnya Syaiful membeli buku itu juga. Setelah membayar Syaiful langsung keluar dari toko, namun baru sampai di pintu toko kakek itu memanggil Syaiful dan berpesan kepada nya :

Kakek : ”Nak, jangan coba-coba membuka halaman terakhir dari buku itu kalau tidak ingin menyesal nantinya”

Dalam hati Syaiful berkata .... wah kakek ini nakut - nakutin saja , Syaiful merinding dan hanya bisa menelan ludah saja tanda kaget lalu segera ia meninggalkan toko buku yang angker itu.

Tengah malam, disaat sedang asik membaca buku itu, tiba-tiba hujan turun deras sekali disertai petir yang menggelagar dan angin kencang membuat jendela kamar Syaiful terbuka. Angin kencang yang bertiup masuk ke kamar Syaiful membuatnya teringat akan pesan kakek tadi siang, ditengah sedang terlena mengingat pesan kakek tiba-tiba Angin itu membuat buku horor yang dibelinya tadi siang membalikkan halamannya satu demi satu dengan cepat.

Syaiful langsung menahan buku itu agar tidak membalikkan halaman lagi, namun apa daya saat syaiful hendak mencegah tiupan angin dari membalikkan halaman demi halaman ternyata halaman terakhir dari buku itu sudah terbuka. Syaiful ketakutan dan dengan pelan-pelan ia membuka jari jemarinya karena dalam hati syaiful juga terdapat rasa penasaran yang mendalam ingin melihat isi dari halaman terakhir itu.

Isi dari halaman terakhir dari buku itu adalah :

”KUMPULAN CERITA-CERITA HOROR.. SELESAI..."

DAPATKAN JUGA KOLAKSI-KOLEKSI CERITA HOROR LAINNYA DI TOKO BUKU KESAYANGAN ANDA, HANYA SEHARGA

Rp. 15.000,- ”

Wallahu A'lam

0 komentar:

Post a Comment

Blogger news

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About