Pendapat Tentang Larangan Rokok

Posted by "membaca Al Quran 0 komentar
“Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang mukmin dan mukminat tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata” (QS. Al-Ahzab: 58).

Di antara ciri penting insan yang benar benar beriman sebagaimana yang telah disebutkan oleh Rasulullah didalam sejumlah haditsnya, ialah tidak melakukan perbuatan yang mendatangkan kemudharatan terhadap diri sendiri dan orang lain. Dalam Alquran juga diingatkan, “Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik” (QS. Al-Baqarah: 195). 

Menurut para ahli kesehatan, di antara perbuatan yang menimbulkan kemudharatan kesehatan yang besar terhadap pelakunya, juga terhadap banyak orang lain, ialah merokok. Namun, perbuatan inilah yang tak mau dihindari oleh sebahagian kita.

Memang ada di antara manusia di muka bumi ini yang begitu tinggi ketidakmautahuannya. Kalau suatu perbuatan dirasakan menyenangkan hati, tak mau peduli berapapun dampak buruk dari perbuatannya. Bahkan tak mau tahu sejauhmana orang lain telah teraniaya berkali-kali oleh perbuatannya. 

Anehnya, perbuatan menganiaya tersebut  terus-menerus dilakukan siang malam bahkan, perbuatan itu dilakukan hingga akhir hayatnya

Padahal setiap orang yang akan meninggal dunia idealnya telah terampuni segala dosanya, termasuk dosa-dosa akibat mengganggu orang lain. Namun, sungguh sulit tentunya meminta maaf terhadap ribuan hingga jutaan orang yang telah terganggu dengan satu perbuatan saja. Belum lagi dengan perbuatan yang lain.

Dengan demikian, benarlah adanya bila Rasulullah berkali-kali mengingatkan agar tidak mengganggu sesama. Di antara sabdanya, “Wahai sekalian orang yang telah berislam dengan lisannya namun belum masuk keimanan ke dalam hatinya. Janganlah kalian mengganggu kaum muslimin...” (HR. At-Tirmidzi).

Sumber Aceh tribunnews (maaf yang merokok ^_^ bukan memojokkan karena saya juga merokok ini hanya sekedar posting saja)

 Wallahu A'lam

0 komentar:

Post a Comment

Blogger news

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About