Kejujuran Dan Dusta

Posted by "membaca Al Quran 1 komentar
“Wajib atas kalian untuk jujur, sebab jujur membawa kebaikan, dan kebaikan akan menunjukkan jalan ke surga, begitu pula seseorang senantiasa jujur dan memperhatikan kejujuran, sehingga akan termaktub di sisi Allah atas kejujurannya. Sebaliknya, jangan berdusta, sebab dusta akan mengarah kepada kejahatan, dan kejahatan akan membawa ke neraka, seseorang yang senantiasa berdusta, dan memperhatikan kedustaannya, sehingga tercatat di sisi Allah sebagai pendusta” (HR. Bukhari & Muslim).

Sesuatu yang wajib, tentunya berdosa bila tidak dilakukan. Dan jujur adalah wajib. Namun kalau jujur diakui, inilah yang banyak diabaikan dalam hidup ini. Tak terkecuali dalam mencari nafkah, seperti dalam melamar menjadi pegawai negeri.

Sebagaimana lazimnya, menjadi pegawai negeri di negeri kita ini adalah menjadi tempat menafkahi diri dan keluarga seumur hidup. Bahkan, sesudah mati pun, akan diberikan pensiunan untuk anak-anaknya. Ini maknanya bahwa hasil yang dinikmati dari modal ketidakjujuran bisa berlanjut hingga sesudah kematian.

Ini bukan masalah, bagi orang yang telah redup cahaya keimanan di hati. Lebih-lebih pada saat yang sama, banyak orang lain juga melakukannya. Jadi, rujukan perilakunya bukan pada Alquran, tetapi malah pada orang-orang yang tidak jujur.

Namun bagi orang-orang yang hatinya masih diterangi dengan cahaya keimanan, ini masalah besar. Ini masalah yang menghancurkan kehidupan. Pada perbuatan yang demikian terdapat pengkhianatan terhadap hukum Allah, aniaya terhadap orang yang lebih berhak, dan ketidakhalalan menikmati hasil dari perbuatan yang tidak jujur.

Perbedaan pandangan ini telah diingatkan oleh Rasulullah. Katanya, tanda orang tak beriman bisa dilihat dalam caranya memandang dosa. Dosa dipandang sebagai sesuatu yang kecil. Tak ubahnya seeekor lalat yang hinggap di hidungnya. Sedangkan orang beriman memandangnya seperti gunung yang akan jatuh menimpanya.

Wallahu A'lam

1 komentar:

hahaha said...

www,pokers128,net adalah salah satu Agen Poker yang menawarkan jasa untuk penukaran chips secara online. Segera bergabung bersama www,pokers128,net dan rasakan sensasi pelayanan yang istimewah sehingga sebagai member setia www,pokers128,net anda akan merasakan nyaman dengan Customer Servis kami yang siap melayani semua keluhan anda. (PIN BBM : 7AC8D76B)

Post a Comment

Blogger news

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About