Gerakan Jihad Islam Palestina

Posted by "membaca Al Quran 0 komentar
Gerakan Jihad Islam Palestina adalah organisasi perlawanan Palestina yang dituduh sebagai kelompok teroris oleh Amerika Serikat, Uni Eropa, Inggris , Jepang , Kanada dan australia. Tujuan adalah pemusnahan negara Israel dan Palestina dengan penggantian sebuah negara baru yang disebutnya sebagai Negara Islam.

Gerakan Jihad Islam Palestina adalah kelompok militan kecil di negara tersebut. Dibentuk tahun 1970an, gerakan ini telah sering menyerang Israel yang menewaskan ratusan orang. Misi mereka adalah memerdekakan Palestina dari tangan penjajah zionis. Oleh beberapa negara, Gerakan Jihad Islam dianggap kelompok teroris.

Banyak faksi yang berjuang untuk kemerdekaan Palestina. Meskipun berbeda ideologi dan cara berjuang – hampir semua faksi yang ada di Palestina memiliki sayap militer – yang di gunakan untuk menyerang Israel.

Adakalanya faksi-faksi pejuang yang ada di Palestina terlibat adu senjata sesama mereka, terutama antara Hamas dan Fatah. Tapi sewaktu agresi militer Israel ke Gaza, bisa dikatakan hampir semua faksi dengan sayap militernya turut berjuang melawan agresi militer Israel.

Berbeda dengan Hamas, Jihad Islami menolak untuk ikut dan berpartisipasi dalam Pemilu yang di adakan di Palestina. Secara ideologi perjuangan mereka lebih merujuk ke perjuangan Usama bin Laden dengan Al-Qaida nya. Seperti halnya Hamas, Jihad Islami juga memiliki sayap militer yang dinamakan Brigade Al-Quds. Sayap militer Jihad Islami telah menyatakan bertanggung jawab atas berbagai serangan serangan di Israel, termasuk serangan “bom syahid” ke wilayah Israel.


Brigade Al Quds


Brigade Al Quds 2

Brigade Al Quds 3
Brigade Al-Quds telah memiliki kemampuan mengembangkan peralatan tempur dan juga proyektil bom yang sama persis dengan roket Katyusha yang dimiliki oleh Hizbullah Libanon.

Pejuang Terkemuka

Sheikh Abdullah Ramadan Shallah - pendiri, dan saat ini Sekretaris Jenderal, tinggal di Damaskus
Fathi Shaqaqi - pendiri, telah meninggal karena dibunuh.
Mahmoud Tawalbe - pemimpin senior di Jenin, tewas selama Operasi Defensive Shield oleh IDF Caterpillar
Mahmoud Seader - Pemimpin di Hebron
Hanadi Jaradat - wanita pelaku bom bunuh diri di restoran Maxim
Tamer Khuweir - berusia 15 tahun, pelaku bom bunuh diri
Mohammed Dadouh - komandan senior di Gaza, meninggal karena bom roket oleh Israel pada tanggal 21 Mei 2006
Mahmoud al-Majzoub - anggota dari Dewan Shura, tewas oleh bom mobil pada 26 Mei 2006.
Husam Jaradat - Terbunuh di tempat pengungsian Jenin pada 30 Agustus 2006.
Ayman al-Fayed - komandan senior dari Jalur Gaza, terbunuh bersama dengan keluarganya dalam ledakan di kamp pengungsi Burei pada tanggal 16 Februari 2008.
Ziad Abu-Tir - anggota senior sayap militer telah tewas dalam sebuah serangan udara Israel di Khan Younis daerah pada tanggal 29 Desember 2008.

0 komentar:

Post a Comment

Blogger news

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

About